13/03/12

Hari Pertama #NoComplaintWeek

#NoComplaintWeek. Terinspirasi dari ajakan om @newsplatter buat sedikit demi sedikit merubah kebiasaan buruk maka akhirnya gw tertantang ikut mencobanya, karena hal besar dimulai dari hal kecil. #NoComplaintWeek ini adalah gerakan seminggu tanpa mengeluh/omelan/ngedumel atau gerutu yang nggak jelas dan bermakna negatif sehingga bisa mempengaruhi mood kita. Cara ngeceknya - kata om @newsplatter - “Kalo gw mengeluh ini
mengubah keadaan gak?” Kalo nggak, mending jangan dikeluhkan. Pilihannya adalah dinikmati/dicari sisi positifnya, atau segera mikirin caranya mengubah agar lebih baik.

@newsplatter ~ Gw seneng baca buku/artikel sains, khususnya yang berhubungan dengan perilaku dan otak manusia. Nah, umumnya kita sudah tahu bahwa “perasaan mempengaruhi ekspresi”, betul? Kalau kita happy ya
kita senyum, dan kalau kita lagi bete ya muka kita kelipet. Nah, secara mengejutkan, ada studi yang menunjukkan kemungkinan bahwa pengaruh itu bisa “dibalik”, menjadi “ekspresi mempengaruhi perasaan”. Bego2nya, memaksakan diri untuk
tersenyum juga bisa bikin perasaan (sedikit) senang.
Studi ini meneliti para pengguna
botox. Mungkin temen2 tau, orang kalo baru disuntik botox susah menggerakkan otot wajah.
Temuannya adalah, para pengguna botox yang kesulitan mengerutkan kening cenderung merasa lebih happy (dan ini BUKAN karena merasa lebih cantik – hal ini sudah diperhitungkan
peneliti). Bahkan, di studi terpisah, para pengguna botox ini dimasukin mesin MRI untuk merekam aktivitas otak, dan hasilnya aktivitas di bagian
otak untuk emosi lebih rendah. Hipotesanya: karena secara
fisik mereka tidak bisa mengerutkan kening (frowning) , maka mereka juga lebih ’susah’ untuk merasa bete.

Dengan kata lain, tindakan (senyum, mengerutkan kening) mungkin juga bisa mempengaruhi perasaan.

Oke, jadi kayak gitu latar belakangnya. Sekarang cerita hari pertama #NoComplaintWeek gw seharian tadi.

Tadi pagi habis bangun tidur buka twitter nemu postingan blog ajakan om @newsplatter buat #NoComplaintWeek akhirnya bertekad ikutan deh. Dari sejak mandi udah belajar positif, senyum-senyum aja saat pas denger genteng tiba-tiba hujan deras. Sarapan sambil ngobrol ringan sama Ibu, becanda, intinya membangun mood positif.

Akhirnya pas di jalan waktu berangkat kantor kelepasan ngomel "kampret" saat dari arah lawanan ada mobil nyipratin genangan. Sepatu basah. Tapi untungnya keburu sadar sebelum mood turun anjlok. Merenung sebentar dan syukur untungnya masih pake mantel hujan jadi baju dan celana nggak ikutan basah.

Tantangan terbesar #NoComplaintWeek hari ini mungkin adalah waktu di kantor. Hari ini pas manager inspeksi dan mau ngasih perintah ke temen gw, eh kok si temen gw itu malah kabur melarikan diri. Alhasil gw yang kena sasaran, untungnya hasil kerjaan gw bisa bikin puas si bos. Gw keinget hari ini dilarang menggerutu. Merenung dan bersyukur. Untung temen gw nggak ada jadi gw bisa ngasih unjuk kerjaan gw dan bikin image profil gw di benak bos. Inspeksi selasai dan bos langsung pergi, eh baru temen gw itu dateng. Gw keinget lagi #noComplaintWeek, gw cuma senyum-senyum aja. Dia kabur juga ada hikmahnya buat gw kok ;p

Temen gw type orang yang suka nunda pekerjaan. Gw cek berkas laporan eh ternyata ada file bulan lalu yang belum dia kerjain, padahal deadline di ujung mata. Gw kembali senyum-senyum aja dan dari pada gw ngharepin dia ngerjain dan akhirnya gw juga yang ikut dimarahin kalo nggak selesai mendingan gw kerjain aja. File satu bulan yang sama dia mungkin selesai dalam satu minggu ngeliat cara kerjanya, akhirnya gw selesaikan dalam waktu 4jam. Gw sambil senyum saat ngerjain, sebisa mungkin gw harus menjaga mood nggak turun. Hari di kantor berakhir dan gw pulang.

Sampai rumah karena mungkin mood bagus banget, gw nggak ngerasa capek yang payah. Gw akhirnya bisa ikut bantuin Ibu di warung, masak, cuci piring, beli ini beli itu, ikut ngelayanin pembeli dan lain sebagainya. Karena mata gw yang mulai ngantuk akhirnya gw pulang ke rumah jam 9 barusan, dengan wajah masih berseri karena sekali lagi mood sedang bagus. Gw pun sempet-sempetnya beliin es juice apel buat Ibu. Sambil menulis posting ini gw optimis besok gw bakal lebih bahagia lagi dari hari ini asal tetep konsisten ke tujuan awal #NoComplaintWeek. Mudah-mudahan dengan konsisten selama seminggu ini bisa meningkatkan kadar mood positif gw dan selanjutnya mungkin bisa ditingkatkan ke #NoComplaintMonth. Awalnya mungkin susah ngilangin kebiasaan mengeluh tapi mudah-mudahan jadi kebiasaan. Senyum aja dan jangan terlalu banyak mikir yang macem-macem.

Oke, gw ngantuk. Be happy, be positif guys :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar