01/03/12

Ya Mungkin Belum Jodoh. Gitu Aja Sih.

"Gw pernah punya cinta segede gunung tapi sekarang kalo gw inget masa-masa itu jadi malu sendiri sama tindakan gw"

Cerita seorang teman sambil memandang menerawang mengenang. Tampak dia hendak mengeluarkan batu sekepal yang menyumbat tenggorokannya. Mungkin ruang paru-parunya mulai menyempit seiring tawa pahit yang keluar dari mulutnya dan mata yang sekilas mulai tergenang.

Lanjut dia.

Pernah waktu itu pagi-pagi jam 8 gw culik dia, gw ajak ke pantai. Ya cuma sekedar main air bercanda berdua, sore harinya baru kita pulang. Gila, salah satu pengalaman gila gw sama dia. Paginya kita sarapan nasi uduk berdua, siangnya nggak makan nasi tapi rujak. Waktu itu kita masih sama-sama kere. Dia belum jadi PNS kayak sekarang, gw masih nganggur nggak jelas. Pokoknya kita berhubungan dalam kesederhanaan.

"Terus gimana kok sekarang dia bisa nikah sama orang lain, nggak sama elu?"

Nggak tau. Walau cinta segede gunung tapi kalo emang belum jodohnya ya mungkin hasil akhirnya kayak gw ini.

"yang mutusin siapa? dia apa elu?"

Lah emangnya kita jadian? Gw nggak pernah nembak dia. Dia nggak pernah nembak gw. Kita cuma kayak "deket" aja tapi itu berkesan banget buat gw. Pernah suatu kali gw ngajak jalan dia ke Ancol, gw takut banget tuh ketauan atau ketemu tetangga apalagi saudara dia. Tapi kayaknya kalo kita takut-takut hasilnya malah kejadian. Itu yang gw alami. Keluar dari pintu Ancol kegep sama saudaranya trus pas naik angkot eh bareng sama tetangga, nah pas turun dari angkot mau jalan ke rumahnya eh ketemu sama temen gw. Udah deh, jadi rahasia umum.

"emang kenapa elu sampe takut gitu sik kalo ketemu orang?"

Bukannya apa-apa sih, waktu itu gw belum kerja, gw belum siap kalo orang tuanya nyuruh gw ngawinin dia. Tapi bukan berarti gw takut ketemu sama orang tuanya lho. Pernah suatu saat jam 10 malem, gila nggak tuh, gw main ke rumahnya bawa gorengan. Anaknya udah tidur, akhirnya gw ngobrol sama bapaknya deh. Lain waktu, pernah juga gw main ke rumahnya tapi dianya baru kemana gitu, yang ada cuma bapaknya yang lagi betulin mobil, yaudah gw tungguin tuh si bapak karena gw nggak ngerti mesin jadinya gw sambil ajak ngobrol. Si bapak cerita soal dulu perjuangannya semasa bujang ngedapetin cinta istrinya. Harta satu-satunya yang dia punya itu cuma motor vespa. Awalnya istrinya itu benci banget sama dia tapi akhirnya setelah dideketin tiap hari, dijemputin tiap pulang kerja eh akhirnya kena juga deh. Pas bapaknya cerita itu gw kayak nangkep kode dibalik semua kisah itu. Gw belum siap nikahin dia.

"gimana akhir cerita asmara elu? ada pihak ketiga?"

Gw sama dia itu enggak pernah akur tiap adu pendapat. Apalagi kalo pas rapat atau musyawarah. Selalu perang argumen. Pernah suatu ketika pas musyawarah muda-mudi dia ngomong sama quorum kalo gw mau nyampek'in pendapat nggak usah didengerin. Tapi cuma pas rapat itu aja sih kita "cek-cok", pulang dari situ kita bercanda-canda lagi. Sampai pada saatnya kita putus komunikasi. Sama sekali nggak nggak ada hubungan baik sekedar sms sekalipun. Beberapa lama setelah kejadian itu gw yang ada perlu sama bapaknya akhirnya berkunjung ke rumahnya. Gw ngeliat dia turun dari taksi tapi nggak sendiri, dia sama orang yang jadi suaminya sekarang. Saat itu gw mikir "this is it".

Yaudah, sampai akhirnya gw kemarin dateng kenikahan dia sambil senyum-senyum saat banyak orang nepuk pundak gw "jangan galau ya" atau "yang sabar". Hehehe. Mungkin belum jadi jodohnya.

Dan seketika penulis inget ke kisah 2 tahun lalu saat gw bolak-balik apel ke Tanggerang. Gw yang anti banget sama yang namanya bis harus rela 3jam ndekem. Turunnya pasti mabok. Masih nunggu kereta arah Serpong. Sampai stasiun Serpong istirahat ngopi sebentar. Berangkat jam 7 dari rumah sampai rumah mantan tengah hari. Jam 4 harus pulang karena kereta ke Jakarta paling akhir jam 17.30 nggak lucu kan kalo ketinggalan kereta. Dejavu dari berangkat. Mabok. Sampe rumah biasanya jam 11 malem. Kapan-kapan deh diceritain.
Masa lalu. Konyol kalau diinget-inget. Tapi ya itu, kaca spion mobil bentuknya lebih kecil dari kaca depan. Buat apa? Biar supaya kita lebih merhatiin yang ada di depan dari pada yang ada di belakang.

Sekian cerita dari jakarta dalam episode begadang nggak ada kerjaan dan akhirnya posting aja deh :-D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar