26/03/12

Jakarta dan Karir

Tepat 3 minggu yang lalu gw bikin postingan tentang hari pertama kerja dan sekarang gw harus menutup buku cerita kerja gw dengan sebuah kata resign.

Gw inget banget tuh, semalem sebelum gw keterima kerja temen gw nasehatin kalo kerja itu bla bla bla salah satunya jangan kerja sama orang cina. Awalnya sih cuek aja tapi kok makin ke sini makin bener aja apa nasehat temen gw. Gw mulai nggak nyaman kerja. Manajer gw tuh masih muda 30 tahun mungkin dan masih temperamen. Dikit-dikit marah dan semakin menjadi saat kerjaan anak buahnya ada yang belum selesai. Gw ngrasain banget rasanya dicaci dia. Waktu pertama masuk kerja sebenernya senior gw udah ngingetin supaya jangan kaget kalo si manajer nanti marah-marah. Dia emang kata-katanya kasar, kurang tertata dan meledak-ledak.

Posisi gw adalah sebagai pegawai bergaji UMR tanpa lemburan yang tugasnya mengurusi personalia karyawan di sebuah perusahaan outsourching. Tugas paling penting adalah mengurusi absensi dan lemburan tiap karyawan. Sistem perhitungan gaji karyawan adalah dimulai dari tanggal 16 sampai tanggal 15 bulan selanjutnya, nah tiap setengah bulan atau tiap tanggal 1 dan 15 gw merekap jumlah absen dan lemburan mereka.

Kejadian kurang menyenangkan terjadi 4 hari yang lalu. Saat itu tanggal 16 gw ngumpulin kertas absen mereka, bos gw pelit, teknologi absen masih pake kertas amano atau kertas ceklok, dia nggak mau keluar uang buat beli fingerprint absent. Gampang rusak, katanya. Tanggal 16 adalah hari Jumat, karena masih hari pertama jadi yang terkumpul baru sepertiganya. Saat itu muncul si bos gw itu -si manajer tengil- dengan membawa kerjaan buat gw, membuat database seluruh karyawan yang berisi biodata mereka lengkap. Hari itu gw ngerjain proyek database sampai jam 21.30. Besoknya, tanggal 17, hari Sabtu, seluruh absen terkumpul setelah jam makan siang. Gw yang harusnya cuma kerja setengah hari akhirnya harus nyicil ngerjain absen dan pulang jam 17 sore.

Tanggal 19, Senin. Bos besar, pak direktur datang ke kantor gw nyuruh nyelesein absen secepatnya setelah dia pergi kemudian bos gw si manajer tengil dateng ke gw nanyain kerjaan. "Angga, kamu lagi ngapain?", "ngerjain absen, pak", "Apa! absen belum selesai???!!!!! emangnya absen terkumpul tanggal berapa?", "tanggal 17 terkumpul semua, tanggal 18 Minggu jadi sekarang saya masih belum selesai ngerjain pak, manajer gw awalnya mau marah tapi mungkin karena kehabisan alasan akhirnya cuma ngucap "buruan dikerjain! besok setelah makan siang kamu harus cross check dengan pak Aji HRD sana", "iya pak". Hari itu gw berusaha ngebut ngerjain kerjaan gw. Jam 19 gw pulang karena harus jemput bapak pulang kerja, setelah itu ngaji teks susulan dan jam 21 balik ke kantor buat lembur sampai..... jam 5.30 pagi. Dan masih belum selesai. Gw pulang ke rumah dan tidur 1,5 jam terus jam 8.00 pergi ngantor lagi. Tepat jam 13.30 setelah ngorbanin jam makan siang akhirnya kerjaan selesai dan tinggall nunggu printout. Dasarnya printernya lemot jadi harus nunggu setengah jam buat ngeprint semua. Si bos tengil nelpon "Angga, kamu udah ketemu pak Aji?", "ini baru mau jalan, pak", "gimana sih, kan udah saya buatin janji jam 2 setelah makan siang buruan jalan". Gw otw lah ke pabrik, jam 14.20 sampai sana dan melihat kerjaan gw yang belum kesusun rapi, pak Aji mempersilakan gw supaya balik besok aja. Baik banget nih pak Aji. Gw pulang ke rumah dan langsung tidur.

Keesokan harinya gw ditelpon rekan kerja supaya ikut nyeleksi calon karyawan baru di pabrik, jadi hari itu gw nggak ke kantor tapi langsung ke pabrik. Si bos tiba-tiba telpon "Angga, kemarin kamu nggak jadi cross check sama pak Aji?!!!", "Saya udah ketemu tapi akhirnya saya disuruh merapikannya dan kembali lagi hari ini, pak", "Kamu kalo nggak bisa, ngomong!!! kamu tau kan saya nggak suka nunggu?!" .... bla bla bla dan cacian kasar seterusnya dan gw cuma bisa ngomong "iya maaf, pak". Dalam hati, gw cuma bisa ngomong "hello??? ini kerjaan gw lembur sampe jam 5.30 lho. Gw baru tidur 1,5jam lho. Hargai gw dan kerja gw dikit aja kek, ini tugas kerja pertama gw dan gw harus nyelesein 400an absen tanpa bimbingan" Setelah makan siang cross check pun selesai dan si bos tanpa ucapan terima kasih hanya bilang 'oh, yaudah" di telepon. Sial, 1 alasan buat resign. Hari berikutnya, rekan kerja gw yang lain, pak Yance namanya ngadu domba gw dan rekan senior gw, pak Ridwan namanya, ke hadapan si manajer tengil. Awal mulanya hari itu gw datang pagi banget, jam 7 udah standby di kantor. Gw cerita tentang pengalaman ngumpulin sekaligus ngerjain absen itu dan juga memuji pak Ridwan, yang waktu itu belum dateng, dengan kalimat "Kayak gimana pusingnya pak Ridwan sebelum saya masuk kerja di sini ya? apa-apa dikerjain sendirian" dan bodohnya gw sampe keceplosan "pantesan karyawan yang lain pada kasihan, akhirnya mereka sukarela ngasih 2000 rupiah seorang pas gajian". Kalimat terakhir gw dipelintir pak Yance di hadapan manajer dan dikiranya pak Ridwan nerima pungutan liar, gw dijadiin saksinya. Damn! gw diadu domba. alasan resign #2.

Gaji gw UMR tanpa lemburan dan tanpa uang transport. Capek otak dikejar deadline, capek fisik suruh mondar-mandir kantor-pabrik setengah jam, capek mental dijadiin objek kemarahan manajer tengil, alasan resign #3. Jam kerja ngaco banget, dari jam 8 - 17. hari Sabtu setengah hari. Bandingkan dengan buruh pabrik yang 8 jam kerja dan 3 hari kerja, 1 hari off. Parah!!! Alasan resign #4. Dan terakhir, fasilitas kantor hanya 1 CPU untul 2 orang karyawan alhasil komputer harus gantian. Ok! Fix sudah 5 alasan resign.

Dan akhirnya, "saya mengundurkan diri".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar